Tahukah kamu?

Posted: 21 October 2009 in Uncategorized

kalo kondom yang digunakan oleh sex bebas’ers sebenarnya tidak menutup kemungkinan untuk terkena virus HIV. hanya mengurangi penularannya. karena ternyata ukuran virus HIV adalah 1/250 mikron, dan ukuran lubang2 pada permukaan kondom saat meregang adalah 1/6 mikron. waduuh.. beda jauh khaan? mungkin banget untuk virus apapun masuk.. so tahan dirimu untuk tidak berhubungan bebas sebelum status yang tetap. okaii 😉

 

bahwa penyakit cacar air hanya menyerang manusia 1kali seumur hidup. jika ada seseorang yang terkena cacar lagi, padahal ia sudah pernah terjagkit cacar air, maka cacar tersebut bukanlah cacar air, melainkan cacar syaraf. Cacar syaraf (herpes zoster) merupakan reaktivasi -karena berbagai faktor predisposisi- dari virus Varicella Zoster yang tertidur (dorman) sejak sembuhnya pasien tersebut dari cacar air (chicken pox). jadi penderita cacar syaraf sebelumnya pasti sudah pernah mengalami cacar air, dan jika seseorang belum pernah mengalami cacar air kemudian tertular virus cacar syaraf, maka orang tersebut akan menderita cacar air terlebuh dahulu. dan virus zoster cacar syaraf ini bersifat recurent atau dapat berulang. jadi jangan heran jika ada orang yang mengalami penyakit cacar lebih dari 1x.

 

jika penyakit menular berbahaya yang disebabkan oleh bakteri seperti TBC serta disebabkan oleh virus seperti hepatitis B bisa sama sekali tidak memberikan tanda – tanda pada bagian oral jika oral hygiene pasien baik. sehingga untuk para dokter gigi sebaiknya lebih berhati-hati dalam menangani pasien-pasiennya yang berasal dari berbagai kalangan. pengamanan yang digunakan oleh dokter gigi meliputi jaslab, handschoon, masker, serta kacamata pengaman. terkadang dokter gigi malas menggunakan perlengkapan tersebut, padahal itu merupakan satu-satunya cara untuk menghindari kekonyolan tertular penyakit pasien. dan sebagai pasien kita sebaiknya menghargai hak dokter untuk melindungi dirinya sendiri dari penyakit berbahaya yang menular.

 

keep your health!

hasil obrolan Tutorial DSP 4 (6 0ktober 2009) bersama Prof. Syauqi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s