Dia.. Menggali Kuburannya Sendiri..

Posted: 2 July 2009 in Uncategorized

Sering nggak menemukan ketidakcocokan dengan mahasiswa yang berbeda fakultas? Misalnya, aku yang mahasiswa kedokteran gigi (FKG) biasa kuliah jam 7 pagi dan sudah sarapan dan mandi mulai jam stengah6an, udah cantik jam stengah7, kadang suka ga cocok sama anak fakultas lain, apa yaa contohnyaa anak ilmu komunikasi (Fikom) deh. Yang jam masuknya paling pagi jam8. Kadang mereka bangun kesiangan, ga sempet mandi atau sarapan, atau resikonya kalo mau mandi plus sarapan dulu ya telat datengnya. (Cuma contoh yee, tidak bermaksud menyinggung siapapun, sumber dari kisah nyata lho!hohoho). Pun perbedaan perkuliahan, kalo aku kuliah itu ga bisa nyantai, kostum aja diperhatiin, sampe perhiasan dan aksesoris lainnya, apalagi pas praktikum yaa, pake kutek juga dikomentarin sama sang dokter.. hihihi. 1 contoh lagi nii.. tentang cara belajar kita, yang tidak harus cuma faham, tapi juga hafal,, hafal mati! Jadi kalo belajar ya dihafalin, ga bisa enggak, kecuali mata kuliah tertentu. Beda kan sama fakultas social umumnya? Yang penting faham, selanjutnya bisa dilogikakan masing-masing.. iya nggak? Ga setuju juga boleh.. tapi itulah yang aku rasakan di lingkungan kecil averous. Dengan penghuni yang berbeda-beda calon profesinya, kentara sekali perbedaan kultur fakultas masing-masing.

Sekarang 1 pertanyaan lagi. Suka menemukan ketidakcocokan dengan laki-laki? Atau buat kamu yang laki-laki, suka menemukan ketidakcocokan dengan wanita?? Pasti sebagian besar jawabannya ya. Iya ga? Kalo ga juga gapapa kok, teserah aja. Tapi aku sering banget menemukan ketidaksesuaian itu. Kebanyakan pada hal kesukaan. Biasanya kalo kita sering berinteraksi akrab dengan laki-laki kita akan diajak untuk tertarik pada kesukaan mereka. Aku punya 2 saudara laki-laki (baca 7 saudara kandung part.1). Mungkin karena dari kecil mainan anak perempuan dan laki-laki udah beda kali ya? Jadi sampe besar perbedaan itu ga akan hilang. Waktu kecil aku lucu (lho?) suka sekali main boneka, apalagi kalo boneka itu mirip Susan atau Barbie, uaah seneng banget deh, main masak2an juga menyenangkan, apalagi kalo kompor2annya bisa nyala. Semakin nyata semakin seru. Tapi karena aku punya saudara pria. mobil-mobilan tamiya, motor2an, pesawat2an, robot, layangan, kelereng, pistol2an dan kawan-kawan pun tercampur dalam list mainanku juga saat waktunya membereskan mainan. Sedikit beranjak dewasa, aku yang sudah sedikit tertular ketomboyan mulai diajak main sepak bola. Tentu saja aku menolak. Dulu aku tidak tahu serunya menendang-nendang benda bulat ke dalam jaring. Apalagi diajak nonton doang. Ga ada kerjaan ya mbaak? Tapi karena 3 laki-laki dalam keluargaku itu kekurangan 1 pemain untuk main bola 2 lawan 2 di belakang rumah maka aku masuk dalam salah satu tim. Daan.. ternyata seru juga ya main bolaaa! Makin semangat pas jaman piala dunia. Kayaknya semua orang dukung permainan ini. Sampe kotor dimana2, keringetan sampe baju basah kuyup, terus minum air dingin dari kulkas, hmmm.. nikmaat!

Dan ini dia ceritanya.. terjadi di akhir semester 4 perkuliahanku. Tidak lain dan tidak bukan UAS kurang dari seminggu lagi akan dimulai. Kata orang sih Ujian Agak Serius. Dan begitu pula yang tejadi pada diriku, dengan agak serius aku belajar.. sambil menghadiri musyawarah kerja suatu organisasi yang aku ikuti. Ternyata tidak hanya aku yang berinisiatif belajar disana, seluruh mahasiswa FKG yang mengikuti musyawarah itu membawa bahan ujian dan menghaal diam-diam. Di hari pertama, proses belajar sambil musyawarah itu berjalan lancar, meskipun ada beberapa sindiran kepada kita yang terkesan sok belajar, ga SKS (system kebut semalam). Yah biarlah (mereka tidak pernah tahu, bagaimana kita ujian *ala jikustik mode ON*)setidaknya beberapa bahan telah masuk dan aku fahami, tinggal dihafal! ūüėČ

Namun hari kedua musyawarah memberikan takdir yang lain dalam proses belajar agak serius itu, malam harinya aku menerima sms untuk musyawarah hari kedua diharapkan kita memakai training dan membawa bekal makanan. (lho? Kita mau kemane ini pak?). yah tapi selama bahan ujian ada di dalam tas, semua akan berjalan lancar bukan? Yang penting tetap belajar apapun yang terjadi! Pertemuan peserta musyawarah pukul 06.00 pagi di pos polisi sebelah kantor kecamatan. Pukul 06.03 aku sampai disana dan: belum ada orang, bahkan si pengirim jarkom jam6 juga belum kelihatan batang hidungnya. Dengan tetap berfikir positif aku diberikan kenyamanan belajar di pagi hari, aku duduk di pos polisi dan mulai menghafal. Beberapa menit kemudian, berdatanganlah para peserta musyawarah. Para FKGers tetep (yuk marrii) bawa-bawa bahan dan nyempet2in baca. Beberapa panitia laki-laki kemudian mencarterkan angkot untuk kami, kami pun menaiki angkot tersebut, sambil belajar kami tidak menyadari perjalanan makin terjal, gerakan angkot mengganggu bacaan kami, jalanan makin menanjak dan bergeronjal.. hinggaaa…

Si akang panitia       : stop pak disini aja!

Supir ancot    : kenapa dek? Masih jauh bukan?

Si akang panitia       : iya pak, tapi itu jalannya masih nanjak, makin ke atas makin tinggi, angkot bapak bakalan susah

Supir ancot    : ohh yaudah atuh dek.

Aku                 : *mulai menyadari keanehan* yaah kang jalan terus aja deh angkotnyaa, pasti bisa kok pak!

Si akang panitia       : wah susah shal, udah ayo akhwat2 turun semuaaa

Aku                 : eh jangan pada turuun.. ayo kalo kita semua nggak mau turun pasti dibolehin deh naik angkot ini teruus

Yang laen      : *pada belom sadar* yaudahlah shaal, turun aja, ayok jangan manjaa

Aku                 : yakin nii? Aku kan mau belajar. Bahan segunuung niih..

Yang laen      : udah, udah, ntar lagi kan bisa, yuuk

Si akang panitia       : ayok akhwat turuuun semuaa! Kita jalan kaki!

Yaa.. akhirnya aku turun dengan terpaksa sekali. Sambil memanggul ransel yang lumayan berat karena berisi perbekalan dan bahan ujian kami mulai berjalan, jalanannya bukan jalan biasa, karena menanjak dan semakin menanjak, panas menyengat, dan satu hal lagi yang menjijikkan: kotoran kerbau ada di mana2. Di tengah, kiri, kanan jalan dengan ukuran yang cukup terlihat, bahkan awalnya aku pikir itu adalah kucing coklat gemuk yang sedang tidur di jalan. Tapi ternyata setelah didekati, benda itu kenyal, berbau menyengat, dan sangat mudah terinjak!

Para FKGers tentu saja yang pertama terpancing emosi. Bagaimana tidak? Niat utama kami adalah belajar, dan hal ini sudah cukup menggambarkan kalau kami tidak akan jadi belajar hari ini, terbayang perjalanan yang melelahkan hingga menemukan tempat, lebih tidak terbayang perjalanan pulang dimana kita harus berjalan melalui rute yang sama.

Jangan terus menuntut!! Cobalah untuk memahami . .

Okay. Aku berhenti menuntut. Tapi saat ini yang kubutuhkan adalah difahami oleh orang lain. Tidak salah kan? Aku rasa aku punya hak itu. Hak yang jarang sekali aku gunakan. Huhuuu T_T

Sebenarnya pemandangan yang diberikan selama perjalanan dengan kaki ini sangat indah. Bentangan sawah, bukit, kebun buah-buahan, peternakan hewan. Hanya saja hatiku sedang tidak dipersiapkan untuk itu, tapi hanya untuk ujian dan belajar. Sehingga saat ada hal lain yang bisa mengalihkan fikiran dari belajar akan kulawan habis2an. Apalagi ini sudah sangat di luar rencanaku untuk hari ini. Uuh sebbel!

Setelah ditelusuri siapakah yang memberikan ide musyawarah plus plus ini, akhirnya ditemukan 2 akang tersangka. Mahasiswa fakultas peternakan (Fapet). Hobi mendaki gunung dan berpetualang. Dan tempat yang kita datangi ini adalah tempat mahasiswa fapet melakukan penelitian ataupun pembinaan (semacam bina desa, dsb). Tentu saja mereka bahagia bisa mengajak kami semua ke tempat yang sangat mereka cintai ini. Mereka pikir kita akan ikut senang sebahagia hati mereka pagi ini, yang terus berfoto dan tertawa di sela perjalanan yang aku rasa tidak sampai-sampai ini. Yah, mereka telah berhasil . .

Berhasil menggali kuburan mereka sendiri.. di tanah yang mereka cintai..

*bebe lagi emosi. jangan diganggu*

Advertisements
Comments
  1. Tentang Biru says:

    ahahaha…sabar…sabar…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s