Cerek = Seruling ??!

Posted: 27 September 2008 in Uncategorized

Tau cerek ga? Itu lho… yang buat masak air… ada yang bisa ngeluarin suara kayak kereta lengkap dengan asap2nya kalo air di dalamnya sudah mencapai suhu 100οC alias tu air udah mateng. Tapi ada juga yang kalem2 aja walaupun air di dalamnya udah mau nguap semua karena orang yang berniat masak air entah itu untuk apa, ngantuk dan ketiduran… hwehehe. Cerek yang bisa bunyi ini sebenarnya lebih efektif digunakan. Jadi kita tahu kapan tepatnya waktu air matang, so ga ada gas atau minyak tanah bahan bakar kompor yang terbuang sia2 cuma gara2 qta belum yakin apakah air di dalamnya sudah matang atau belum. Siiip deh! Jempol buat yang nemuin alat masak air ini!! Suaranya yang berisik minta dilempar itu juga menuntut orang2 yang denger terutama yang lagi nelephone segera berlari ke dapur dan membunuh nyala api kompor sang penyebab si cerek tereak2 kepanasan, ‘tuuuuuuuut… tuuuuuut……’ gitu deh kira2 suaranya kalo ditulisin.

Di rumah, aku punya kedua jenis cerek tersebut, dan keduanya pun aktif digunakan secara adil. Jadi udah ga heran kalo sering denger suara berisik ’tuuuuuuut… tuuuuut….’ dari arah dapur. Nahh.. cerita dimulai ketika suatu siang terdengarlah itu suara, tapi karena emang aku sendiri jarang matiin kompor pas ngedenger suara itu yaa bodo amatlah, pasti ntar juga ada yang matiin kok.. (manusia bangeet). Bukan karena males lho, tapi lebih karena pemikiran: kalo aku ke dapur, trus ternyata ada yang lebih cepet nyampe, dan duluan matiin kompor, daleem banget,, jadi sayang kan waktu dan tenaga yang kita habiskan menuju ke dapur.. belom kalo habis itu jadi sebel bin kesel + ngomel2 ga jelas.. malah jadi dosa deh.. jadi biarlah orang lain yang mendapatkan pahala matiin kompor itu. (asaghfirullahaladzim.. bebe..). Tapi setelah beberapa lama.. itu suara truss mneruss berbunyi, dan sang pemati kompor tak kunjung datang… ”Hhh, pada males banget c semuanya.. matiin kompor doang getoo,, “ (yee sendirinya…), akhirnya dengan membayangkan tutup cerek mental ke muka shafi yang suka nekat membantu pekerjaan orang dewasa terutama yang beralamat di dapur, aku berlari menuju dapur (benar2 lari lho, seriusan!).

Dan……………………………………………………

Sesampainya di dapur………………………………………………

Kutemukan fathimah sedang meniup seruling sambil cengar cengir di sebelah kompor… GEduBRaKKH! Rasanya lebih dalem dari nemuin orang yang duluan matiin kompor! Dari wajahnya yang menyunggingkan lesung pipit bawaan dari mbah kakung dan gigi2 anteriornya terlihat sempurna dengan segala kekeroposannya, dapat disimpulkan: dia telah dengan sengaja niup2 tu seruling di dapur! Pemikiran kedua: kenapa yang lari ke dapur Cuma aku doang?? Mungkin emang pada males semua orang2 di rumah ini.. atau….. sebelumnya udah ada yang ketipu juga,, jadi mau bales dendam sama saudara2nya yang lain.. bahh,, apapun alasannya.. tanpa sepatah katapun aku melenggangkan kaki dari dapur,,sok2 ga berniat matiin kompor gt deeh (padahal mah udah jelas beeudh bee,,) meninggalkan wajah yang masih cengar cengir seakan tereak: KENNNA’ DECH!!

Awass kamu mmahh!!!

Hikmah: Ternyata suara seruling itu mirip suara cerek yang bisa bunyi kalo udah mateng.. hati2 anda tertipu..

Bebe/220808

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s